Senin, 23 Juni 2014

Penjelasan Dalam Sains Mengapa Langit Berwarna Biru Sedangkan Sore Menjadi Kuning

http://miriadna.com/desctopwalls/images/max/Villa-view.jpg

Matahari memiliki cahaya putih, tapi membawa spektrum warna merah, kuning, hijau, biru dan ungu. Semua berjalan memasuki bumi, mengapa hanya warna biru yang terlihat di siang hari.

Spektrum gelombang warna merah memiliki rentang paling panjang, sedangkan biru memiliki gelombang paling pendek. Susunan warna dari cahaya matahari aslinya berwarna putih, dan berisi beberapa warna seperti gambar bawah.

Permukaan bumi dengan posisi menghadap matahari langsung mendapatkan cahaya tegak lurus dari cahaya matahari. Tapi di permukaan atmosfer bumi terdapat gas seperti molekul air, oksigen dan nitrogen. Spektrum warna biru akan membias


Cahaya spektrum biru dengan gelombang warna lebih pendek akan membias dan menyebar di langit. Membuat warna lebih biru.



Bagaimana dengan cahaya lain seperti kuning, hijau, dan merah. Karena panjang gelombang ke 3 warna ini relatif lebih panjang, ke 3 warna tersebut relatif tidak terhalang dan tetap menerobos masuk ke bumi dan menjadi satu warna yaitu kuning. Sehingga matahari akan terlihat langsung dengan warna kuning.


Mengapa langit berwarna kuning atau merah ketika matahari terbit atau terbenam.
Penjelasannya sederhana. Ketika matahari terbenam maka jarak lintasan cahaya matahari harus melalui atmosfer lebih jauh. Lintasan sinar harus melalui atmosfer lebih panjang lagi dibanding waktu siang, maka kuning, ungu dan merah juga membias. Lalu kemana warna biru, pastinya sudah terhalang dan tidak terlihat lagi oleh mata.