Sabtu, 26 November 2011

Perbedaan Es Batu Dari Air Mentah Dan Air Matang

Anda pasti tau apa itu es batu, yups betul sekali, es batu adalah campuran minuman yang bisa membikin kita seger tur adem (segar n dingin) di saat musim-musim panas yang sedang kita alami sekarang ini. Tapi apakah anda tau kalau bahan yang terbuat dari air itu dapat membahayakan kesehatan anda. Di bawah ini adalah sedikit uraian tentang bahaya dan perbedaan es batu dari air mentah dan air matang.

Es dari air mentah berwarna putih karena masih banyak gas yang terperangkap di dalamnya. Biasanya, es yang dibuat dari air mentah adalah es balok. Es ini jelas-jelas tidak baik dikonsumsi, terlebih lagi jika airnya diambil dari air sungai yang tercemar (bayangin aja, agan minum air sungai kotor.

Es Balok (kotor ya..)

Es dari air matang akan terlihat bening karena gas di dalam air terlepaskan ketika proses perebusan. Biasanya, es seperti ini disebut es kristal. Sekarang, menurut pengamatan saya (hehehe sekali-kali jadi pengamat ya, es kristal sudah banyak dipakai, saya  nyebut nya es batu bolong , soalnya berbentuk pipa gitu, bolong di tengah.




INGAT...!!!
bahaya es dari air mentah: 
Dalam air mentah ada banyak bakteri e coli, kita tahu itu. 
Ada penelitian di Florida selatan yang membandingkan es batu dengan air toilet, hasilnya es batu mengandung 70% lebih banyak kuman daripada air toilet (lebih lengkap disini). 
Tentu tidak ada beda nya dengan di Indonesia, yang notabenenya es batu dibuat dari air mentah. 
Ada juga di Jakarta yang pabrik es batunya di dekat kali Ciliwung, memakai air mentah dari sungai dan dicampur dengan pemutih